Santri’s Journey #2

Catatan #2

Tiba di tempat yang baru, tentunya harus mulai membiasakan diri dengan segala sesuatu yang baru; suasana baru, lingkungan baru dan kawan baru.

Ada sekitar 13 orang santri yang saat ini turut menimba ilmu bersamaku. Dari semua santri yang ada, tentunya mereka memiliki karakter dan latar belakang kehidupan yang berbeda pula.

Sesekali aku coba sedikit berbincang dengan salah satu dari mereka, sharing, berbagi pengalaman, berbagi ilmu yang aku tahu, mengajarkan apa yang aku bisa, begitu pun sebaliknya, Sembari sedikit-sedikit membaca latar belakang kehidupan mereka, alasan mereka belajar di pondok pesantren ini.

Beberapa di antara mereka ada yang memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya dengan beralasan sekolah itu bikin pusing, ada pula yang beralasan karena terhambat biaya, jadi dia memutuskan untuk belajar di pondok pesantren ini, karena perlu diketahui pondok pesantren tempatku belajar sekarang tidak dipungut biaya apapun kecuali kami sendiri iuran untuk bayar listrik dan itu pun tak lebih dari Rp. 10.000.

Dari mereka aku banyak belajar untuk bisa lebih bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. Dan semua itu merupakan edukasi yang tidak aku temukan di bangku sekolah maupun kuliah.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Santri’s Journey #2”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s